Sabtu, 13 Juni 2015

Himaspta Bantu Rohingya

BANDA ACEH - Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Kecamatan Blangbintang (Himaspta), Senin (1/6) malam mengirim bantuan untuk muslim Rohingya di Kuala Langsa dan Bayeun, Aceh Timur serta di Kuala Cangkoi, Aceh Utara. Bantuan itu dikirim Asnawi, tokoh masyarakat Blangbintang yang juga Kepala BKPP Aceh Besar.
“Bantuan itu bersumber dari bantuan masyarakat Blangbintang. Penggalangannya dilakukan pengurus Himaspta di beberapa titik dalam kecamatan Blangbintang,” kata Asnawi dalam rilis yang diterima Serambi, Selasa (2/6). Dikatakan, bantuan tahap satu itu sebanyak satu truk dan dua hari ke depan akan dikirim satu truk ladi.
Ketua Umum Himaspta, Rizwansyah, menambahkan bantuan itu di antaranya berupa perlengkapan bayi dan pakaian layak pakai serta sembako. “Untuk tahap pertama, kami kirim ke Kuala Langsa dan dalam beberapa hari ke depan akan kami sampaikan ke daerah Bayeun dan Kuala Cangkoi, Aceh Utara. Bantuan itu terkumpul atas partisipasi yang tinggi dari seluruh masyarakat Blangbintang,” sebut Rizwansyah didampingi Koordinator Bantuan Kemanusiaan, Bayu.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen, Selasa (2/6) juga menyalurkan bantuan sebanyak tujuh truk colt diesel untuk pengungsi Rohingya di Kuala Cangkoi, Bayeun, dan Kuala Langsa. Penyaluran bantuanitu dipimpin Bupati Bireuen, Ruslan M Daud.
Bupati menyebutkan, bantuan yang disalurkan antara lain, sembako, pakaian layak pakai, mi instan, air mineral, perlengkapan mandi, buku, alquran, dan obat-obatan.
“Bantuan itu merupakan sumbangan masyarakat, pelajar, guru, dan donator yang digalang bersama selama dua pekan. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang sudah menyumbang berbagai bantuan untuk muslim Rohingya,” kata Ruslan.
Dalam rombongan Pemkab Bireuen, juga bergabung relawan Front Pembela Islam (FPI) Bireuen yang sama-sama mengantarkan bantuan untuk Muslim Rohingya. Sebelumnya, anggota Asosiasi Juang Usaha Motor (AJUM) Bireuen juga menyalurkan bantuan untuk Rohingya yang ditampung di Kuala Cangkoi.(mir/c38


0 komentar: