Jumat, 23 Agustus 2013

Saleum Reudaksi Majalah Lhoeh Gampoeng


Assalamualaikum wr.wb.
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah telah memberikan  ide kepada kami untuk menerbitkan majalah ini. Salam kerhidaan Nabi Muhammad saw serta para sahabatnya kami lanturkan, berkat beliau yang telah berevolusi untuk menyelamatkan umat manusia dari kebodohan hingga menjadi manusia yang berilmupengetahuan. Salam terhangat juga kami sampaikan kepada, teungku gampong, imum mukim, Pak camat, para tokoh (tuha/muda), tokoh adat,  narasumber, Pak geuchik, ketua pemuda mukim (gampong), nektu/chiktu, cutlem, cutakak, cut poe, adoe kamoe ban mandum. Salam kompak kamoe keu seluruh masyarakat Blang bintang yang ada, digampong Blang, cot malem, cot madi, cot karieng, bung sidom, lamme, Cot Mon Raya, Cot geundreut, cot paya u, cot Puklad, lam siem, bung pageu, cot sayun, teupin batee, cot leuot, data makmur, cot mancang ho, cot jambo, eumpee awe, empee bata cot nambak, cot rumpun, cot hoho, dalam menjalin silaturhmi dan silaturahim.Berawal dari ide segelintir mahasiswa dan pemuda yang tidak lain merupakan pemuda blang bintang ketika duduk di sebuah warung kopi DJ cot meuraja. Kami bertujuan untuk mempublikasi derah kami melalui media yang berhalaman kurang lebih 20 lembar dengan kebingungngan kami memberikan sebuah judul Lhoh Gampong.  
Dengan  majalah Lhoh gampong  ini kami  dapat berbagi informasi kepada seluruh masyarkat  Aceh khususnya masyarkat yang berada di seputaran kecamatan Blang bintang. Majalah ini akan dimuat berbagai profil gampong, baik masalah, budaya, agama, ekonomi, sosial, hingga masalah history, yakni berupa situs peninggalan jepang  dan juga banyak kuburan yang dianggab keramat oleh masyrakat yang terdapat di sekitar Blang Bintang. Dengan kata lain masalah tersebut akan menjadikan sebuah berita baru dalam masyarakat.
TEam Redaksi 5.jpg          Kami hendak memperkenalkan ke public  bahwa di daerah kami mempunyai keunikan tersendiri, tradisi tradisi yang  telah diturunkan oleh nenek monyak yang harus kita jaga berasama. Contohnya, tagun ibu peudah di bulan puasa,gotong royong peugleh gampong, jenguk orang sakit bersama sama, meudalae, eh bak meunasah, tradisi peupreh layang. Disegi permainan tradisional seperti, taktak galah, meuen katee, talo yeye, sambarlang, petpet nyiut, maen gaseng, boh katok dan banyak lagi yang nantinya akan kami muat dalam majalah ini.Untuk itu dengan adanya majalah ini, kami mengharapkan agar semua tradisi ini tetap dilestarikan hingga bak aneuk cuco. Bukan  hanya masyarkat yang berhubungan langsung dengan objek akan tetapi semua masyarkat harus berupaya menjaga budaya serta norma yang berlaku dalam masyarakat.
Oleh karena itu, kami sebagai putra daerah harus berupaya semaksimal mungkin dalam menjaga kelestarian tersebut. Jangan sampai aset tersebut akan hilang begitu saja ditelan oleh dunia yang semakin inovatif. Bagaimana pun tidak Blang Bintang merupakan pintu gerbang Aceh jika anda melakukan perjalanan udara melalui Bandara International Sultan Iskandar Muda yang  juga merupakan bandara kebanggaan geutayoe rakyat Aceh.(bayu)

Sumber by.Doc. Majalah Lhoh Gampoeng

Nantikan Posting Lainya(Copas Wajib Minta Izin)
Kami Mohon Maaf Atas Kesalahan Kata,Gelar,Nama dll disaat kami posting.
Terimakasih....!!

Team Redaksi Majalah Lhoh Gampoeng:
-
Zaid Bayu Isra S.Pd  (Bayu)
- Rizwansyah S.Pd.I (Rizwan)
-
Diki Matias (Abie)
-
Muadhdhim (Azin)
- Yudi Ferdiansyah (Mas Yayan)
- Dan Semua Sahabat2 Himaspta



0 komentar: